Chocolate Covered Sesame Balls

Minggu, 17 Januari 2010

Fakta Baru Tidur Siang

wis kutip dari perempuan.com.. menarik, dan penting!
selamat membaca.. :)
_________________________________________

Bila tidak diatur orangtuanya, secara alamiah anak yang sehat lebih suka terjaga sepanjang siang. Itu sesuai dengan siklus alamiah tubuhnya yang mengikuti jadwal terbit dan tenggelamnya matahari. Begitu matahari terbit, tubuh manusia diharapkan diisi dgn energi utk beraktivitas sepanjang siang dan malam istirahat.

Namun anak otomatis tidur siang bila tubuhnya menuntut beristirahat. Umumnya karena ia sakit, lesu,l emah sulit tidur malam, tidak nafsu makan dan sebagainya. Atau ia menggunakan ototnya berlebihan misalnya berlari, lompat-lompat, dan sebagainya.

Sebaliknya bila aktivitas anak lebih didominasi aktivitas otak, bukan otot, “panggilan” alamiah tubuh untuk tidur siangpun tidak terjadi. Jadi, aktivitas anak yang lebih melibatkan otak seperti les, bermain musik dan sebagainya, tidak akan membuat tubuhnya membutuhkan tidur siang.

Dua kerugian jam tidur siang yang tidak sesuai kebutuhan alami:

1. mengurangi stimulasi siang hari yang dibutuhkan anak yang sedang tumbuh.

2. tidur siang akan mengurangi pola tidur malam anak. Padahal, tidur malam hari haruslah seoptimal mungkin, baik jumlah jam juga kualitasnya, ini lantaran tidur malam mengistirahatkan otot juga otak.

Disaat gelap tubuh anak mengalami berbagai proses biokimiawi yg berguna untuk pemulihan, pembentukan dan pertumbuhan. Terutama pada waktu tidur malam, suatu periode tidur yang disebut “Rapid Eye Movement”

Sejatinya jam tidur normal anak usia setahun keatas adalah 10-12 jam. Jika melihat waktu yang disebut diatas, tidur siang sebenarnya tidak diperlukan selama tidak terjadi aktivitas fisik.

Tiga tahun pertama dalam kehidupan anak adalah dasar bagi pertumbuhan anak selanjutnya. Di tiga tahun pertama itulah optimasi stimulasi yg didptnya disiang hari dan proses tumbuh lewat tidur yg cukup dimlm hari. Bila org tua dpt mengarahkan anak memiliki pola ini sejak dini, maka anak akan mendapat kesempatan tumbuh dan berkembang secara optimal.

Nah, secara kaku memberlakukan jam tidur siang seperti yang dilakukan banyak ortu itu salah, ortu juga harus waspada bila anak selalu ingin tidur siang. Pastilah keadaan anak itu sedang buruk dan yang paling pantas dicurigai adalah infeksi virus. Atau karena ia telah terlalu banyak menggunakan ototnya alias lelah secara fisik.

Ternyata, seperti juga banyak hal lainnya dalam hidup, tidur anak pun perlu selaras dengan pola yang ada di alam

Tidak ada komentar :

Posting Komentar